snow

Sabtu, 24 Desember 2016

Tugas Softskill - Kasus Kecanduan Internet

Liputan6.com, Tiongkok - Tragis. Seorang remaja berusia 19 tahun asal provinsi Jiangsu, Tiongkok, sengaja memotong tangannya sendiri demi mengobati kecanduannya berinternet.

Menurut laporan televisi lokal Jiangsu TV, remaja yang disebut sebagai 'Litlle Wang' itu memotong tangan kirinya sendiri menggunakan pisau dapur di sebuah area 'kursi publik' (sejenis taman umum). Ibu dari 'Little Wang' menceritakan, anaknya menyelinap keluar rumah pada sore hari sembari membawa pisau dapur. Wang pergi ke area 'kursi publik' dan memotong tangannya, lalu ia menelepon taksi untuk minta diantar ke rumah sakit.

Menurut yang dilansir laman The Telegraph, Sabtu (7/2/2015), tim dokter bedah di rumah sakit A & E Jiangsu berhasil mengobati kembali tangan kiri 'Little Wang'. Namun belum diketahui apakah fungsinya dapat berfungsi kembali dengan normal atau tidak.

Keterangan pihak kepolisian menyatakan bahwa 'Little Wang' adalah salah satu dari sekitar 24 juta remaja di Tiongkok yang mengalami kecanduan internet. Menurut pengakuannya, 'Little Wang' merasa frustasi menekan keinginan untuk terus mengakses internet dan bermain game online. Pihak pemerintah Tiongkok sendiri telah memandang situasi ini dengan sangat serius. Kecanduan internet dianggap sebagai epidemi yang menghancurkan generasi muda. Jumlah klinik dan asrama rehabilitasi bagi para pecandu internet pun kini menjamur di Tiongkok.

Pendapatku mengenai kasus ini, ‘Little Wang’ mengerti dan menyadari bahwa ia kecanduan internet adalah hal yang baik, tetapi caranya mengatasi kecanduan internet dengan memotong tangannya adalah hal yang salah. Sebaiknya hal tersebut dibicarakan dengan keluarganya dan meminta bantuan ahli seperti seorang psikolog adalah hal yang tepat. Kecanduan internet adalah hal yang paling sering kita temukan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya ketika bangun tidur aku langsung mengecek handphone hehehe, hanya saja sebaiknya kita mengetahui batas-batas penggunaan internet yang baik. Misalnya ketika bertemu dengan kawan atau makan bersama keluarga, sebaiknya handphone dan segala perangkat internet di-silent dan disimpan terlebih dahulu.


1 komentar:

  1. Sebenarnya anak yang kecanduan internet memiliki gelombang otak diatas rata-rata sehingga jika ia mampu memanfaatkan gelombang otaknya dengan cara yang tepat ia bisa menjadi anak yang jenius dan berprestasi disekolahnya, buktikan di www.bakatsuper.com

    BalasHapus